Karir Teknik Mesin Untuk Para Lulusannya

Masyarakat bergantung pada teknik mesin. Kebutuhan akan keahlian ini sangat besar di banyak bidang, dan karena itu, tidak ada batasan nyata bagi insinyur mesin yang baru dibentuk. Karir teknik mesin yang selalu diminati, terutama di industri otomotif, dirgantara, elektronik, bioteknologi, dan energi.

Berikut adalah beberapa bidang karir teknik mesin.

Dalam statika, penelitian berfokus pada bagaimana gaya ditransmisikan ke dan ke seluruh struktur. Setelah sistem bergerak, insinyur mekanik melihat dinamika, atau kecepatan, percepatan, dan gaya yang dihasilkan yang berperan. Kinematika kemudian memeriksa bagaimana mekanisme berperilaku saat bergerak melalui berbagai gerakannya. Ilmu material menyelidiki untuk menentukan bahan terbaik untuk aplikasi yang berbeda. Salah satu bagiannya adalah kekuatan material — pengujian beban penyangga, kekakuan, kerapuhan, dan properti lainnya — yang penting untuk banyak material konstruksi, mobil, dan medis.

Artikel Lainnya yang menarik:

Universitas jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia

Beasiswa universitas swasta di Indonesia

Fakultas bisnis manajemen terbaik di Indonesia


Bagaimana energi diubah menjadi daya yang berguna adalah inti dari termodinamika, serta menentukan energi apa yang hilang dalam proses tersebut. Salah satu jenis energi tertentu, perpindahan panas, sangat penting dalam banyak aplikasi dan memerlukan pengumpulan serta analisis data dan distribusi suhu. Mekanika fluida, yang juga memiliki berbagai aplikasi, melihat banyak properti termasuk penurunan tekanan dari aliran fluida dan gaya hambat aerodinamis.

Manufaktur merupakan langkah penting dalam teknik mesin. Di lapangan, para peneliti menyelidiki proses terbaik untuk membuat manufaktur lebih efisien. Metode laboratorium berfokus pada peningkatan cara mengukur produk dan proses teknik termal dan mesin. Demikian pula, desain mesin mengembangkan proses skala peralatan sementara teknik kelistrikan berfokus pada sirkuit. Semua peralatan ini menghasilkan getaran, bidang lain dari teknik mesin, di mana para peneliti mempelajari cara memprediksi dan mengontrol getaran. Ekonomi teknik membuat desain mekanis relevan dan dapat digunakan di dunia nyata dengan memperkirakan biaya produksi dan siklus hidup bahan, desain, dan produk rekayasa lainnya.

Keterampilan apa yang dibutuhkan insinyur mesin?

Inti dari teknik adalah pemecahan masalah. Dengan ini pada intinya, teknik mesin juga membutuhkan kreativitas terapan — pemahaman langsung tentang pekerjaan yang terlibat — bersama dengan keterampilan interpersonal yang kuat seperti jaringan, kepemimpinan, dan manajemen konflik. Membuat produk hanyalah sebagian dari persamaan; mengetahui bagaimana bekerja dengan orang, ide, data, dan ekonomi sepenuhnya membuat insinyur mesin. Jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia

Tugas apa yang dilakukan insinyur mesin?

Karir di bidang teknik mesin membutuhkan berbagai tugas.

- Desain konseptual

- Analisis

- Presentasi dan penulisan laporan

- Kerja tim multidisiplin

- Rekayasa serentak

- Benchmarking kompetisi

- Manajemen proyek

- Pembuatan prototipe

- Menguji

- Pengukuran

- Interpretasi data

- Desain pengembangan

-Penelitian 

- Analisis (FEA dan CFD)

- Bekerja dengan pemasok

- Penjualan

- Konsultasi

- Pelayanan pelanggan

Artikel yang terkait:

Kampus teknik informatika terbaik

Universitas swasta yang bagus di Indonesia

Universitas jurusan perhotelan terbaik

Universitas jurusan teknik informatika terbaik

Comments

Popular posts from this blog

Dengan SEO Anda menargetkan lebih banyak kata kunci terkait Untuk Menghasilkan Uang